Simulasi Penerapan Panduan Desain Hunian Pasca Pandemi pada Matriks Interaksi Ruangan Rumah Tinggal 2 Lantai

Authors

  • Moh Saiful Hakiki Universitas Merdeka Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55173/wastu.v3i2.12

Keywords:

Simulasi desain, Konstruksivisme, Arsitektur pasca pandemi, Desain rumah

Abstract

Rumah adalah bangunan terpenting bagi hampir semua orang. Manusia kembali ke rumah ketika sedang sakit (isolasi mandiri) di dalam kondisi pandemi. Di dalam kondisi lockdown/ Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)/ Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah dan juga praktisi arsitektur  memikirkan kembali pola aktivitas masyarakat dengan tujuan agar masyarakat bisa selamat dari pandemi Covid-19, salah satunya dalam hal desain arsitektur yang adaptif terhadap kondisi pasca pandemi.

 

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengaplikasikan panduan desain rumah tinggal pasca pandemi sebagai salah satu bentuk eksplorasi dari solusi atas permasalahan pandemi Covid-19 yang terkait dengan desain arsitektur. Kesehatan atau kemampuan untuk bisa selamat dalam kondisi pandemi adalah salah satu nilai berkelanjutan dalam arsitektur yaitu memenuhi kebutuhan manusia untuk bisa bertahan hidup (survival).

 

Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruksivisme, dan metode yang digunakan terkait hal tersebut adalah Aplikasi dengan strategi Simulasi menerapkan kriteria-kriteria pada Matriks Interaksi desain rumah tinggal 2 lantai.

 

Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat kriteria-kriteria desain untuk hunian rumah tinggal pasca pandemi di antaranya akses ke area hijau, pencahayaan alami, view ke luar yang baik,  sirkulasi udara yang baik, sensitivitas interaksi antar penghuni rumah, memungkinkan untuk bisa bekerja dari rumah (WFH), udara yang bersih dan suhu udara dalam ruangan bisa dikontrol/ diatur. Kriteria-kriteria tersebut diterjemahkan ke dalam Matriks Interaksi desain rumah tinggal 2 lantai.

Downloads

Published

2022-05-13

Issue

Section

Articles