Digital Art Studioland di Surabaya

Authors

  • Saiful Anam Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Surabaya
  • Tisa Angelia Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Surabaya
  • Ikamto Budiman Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55173/wastu.v5i2.36

Keywords:

Digital Art, Arsitektur, Design Digital

Abstract

Tujuan dari perancangan Digital Art Studioland di Surabaya adalah merancang akademi desain animasi dengan pendekatan arsitektur nusantara di Surabaya sehingga mencerminkan budaya yang bermanfaat sebagai identitas Indonesia sehingga dapat dikenal salah satu fungsi bangunan pendidikan. Digital Art Studioland adalah Sekolah design digital yang terletak di Kota Surabaya yang mana dari Sekolah ini warga Kota Surabaya dapat belajar berinovasi atau pengembangan diri menggunakan digital yang lebih khusus untuk desain animasi. Perancangan sesuai teori Geoffrey Broadben (1980) pada tipe desain pertama pragmatic desain merupakan sebuah evolusi yang terbaru dalam pemanfaatan material dan teknologi untuk membangun bangunan. Kedua,  analogi desain perancangan yang menganalogikan bangunan terhadap suatu benda atau bentuk lain. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer (observasi, catatan data, dan dokumentasi) dan data sekunder (media online, studi literature, dan studi banding). Kerangka alur perancangan Digital Art Studioland dalam sebuah perancangan terdapat pola untuk menentukan alur yang akan di jalankan hingga menjadi pijakan dalam perancangan. Melalui pengolahan data, tata ruang, pemilihan material bangunan, aksesibilitas hingga system sirkulasi. Metode penelitian sebagai cara pandang untuk memulai permasalahan desain sehingga menciptakan skala ruang dalam bangunan pendidikan sehingaga menimbulkan kegiatan yang membangun proses belajar mengajar dengan nyaman.dalam pembentukan perilaku dan karakter seorang siswa.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles